Cara Menghilangkan Stress Pikiran Dengan 3 Minyak Aromaterapi

Hidup dikota-kota besar memang membuat orang menjadi lebih rentan alami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, urusan rumah tangga, kuliahan, beraneka macam urusan lainnya, hingga harus menghadapi kemacetan, polusi dan aneka suara setiap harinya.



Liburan memang merupakan satu cara untuk menghilangkan stres, namun tak semua orang punya waktu melakukannya, dan untuk pergi liburan setiap minggu membutuhkan biaya yang besar.Namun ada cara yang lebih hemat dan mudah dilakukan. Cara itu adalah Aromaterapi.

Dari aneka macam jenis aromaterapi, diantaranya terdapat tiga minyak esensial yang efektif untuk membuat pikiran anda menjadi lebih relaks, mengusir rasa jenuh sekaligus meredakan stres. Apa saja?

1. Lavender

Lavender yang dibuat dari ekstrak bunga berwarna ungu ini adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak disukai, baik karena fungsi penyembuhnya maupun relaksasi. Pijat dengan minyak lavender akan menenangkan otot-otot dan membantu tidur lebih nyenyak, sehingga banyak aromaterapis yang menyarankan penggunaan minyak ini untuk mengatasi insomnia. Selain itu lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, antidepresan, anti peradangan, deodoran dan 'obat' penenang.

2. Bergamot

Bergamot merupakan minyak esensial beraroma citrus yang diekstrak dari pohon Citrus Beragamia, tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Minyak esensial ini banyak digunakan untuk mengatasi stres, depresi, gelisah hingga infeksi kulit seperti psoriasis dan eczema. Bergamot juga banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk menyehatkan liver, meningkatkan fungsi pencernaan dan menyamankan saat merasa tidak enak badan.

Selain itu Bergamot juga berkhasiat mengobati pilek dan nyeri ringan pada tubuh. Untuk kecantikan, minyak esensial ini bisa untuk meredakan kemerahan, mengatasi jerawat meradang serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

3. Rosemary

Minyak rosemary berkhasiat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Minyak ini juga bekerja sebagai analgesik yang meredakan rasa sakit, otot kram, sakit kepala dan migrain. Sebagai antiseptik, rosemary bisa mengatasi infeksi ringan pada liver maupun sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, minyak rosemary juga merupakan solusi alami untuk berbagai masalah rambut. Mulai dari mencegah rambut rontok, menyehatkan kulit kepala dan rambut, menstimulasi sirkulasi darah agar rambut tumbuh lebih subur juga mengatasi kulit kusam.

Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak esensial, apa pun jenisnya perlu diperhatikan. Minyak esensial atau aromaterapi mengandung konsentrat yang cukup tinggi dari tanaman, maka pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Beberapa jenis minyak esensial juga bisa memicu gejala alergi. Misalnya, ada beberapa orang yang alergi terhadap lavender sehingga penggunaannya sebaiknya dihindari.

Untuk pijat, tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam lotion atau minyak pijat agar mendapatkan efek relaksasi. Sementara untuk perawatan rambut atau kulit, sebaiknya baca dengan teliti aturan pakai atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Penggunaan minyak esensial sebagai aromaterapi atau yang dipanaskan juga sebaiknya hanya dituangkan beberapa tetes saja ke alat pembakar atau burner. (dtk)

0 Response to "Cara Menghilangkan Stress Pikiran Dengan 3 Minyak Aromaterapi "

Posting Komentar