Hubungan Penyakit Gerd dan Serangan Panik


Apa hubungan GERD dengan gangguan jiwa terutama gangguan cemas panik?

Hal ini akan dijelaskan dalam pembahasan di bawah ini.

Asam lambung yang naik

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah kesehatan umum yang menyebabkan munculnya sensasi rasa terbakar di dada (heartburn) dan regurgitasi asam lambung dari perut.

Disaat kita makan, maka untuk mencerna makanan tersebut, perut kita akan diisi oleh asam lambung. Selama asam lambung tersebut tetap berada didalam perut dan melakukan kerjanya, tidak akan menimbulkan masalah. Namun disaat asam ini mulai naik ke kerongkongan, disinilah akan muncul gejala-gejala sakit maag. Terlebih jika asam ini sampai hingga kerongkongan, mungkin akan muncul  rasa seperti terbakar di tenggorokan dan rasa yang tidak menyenangkan di mulut.

Apakah penyebab GERD yang sebenarnya?

Kerongkongan merupakan sebuah jalur yang menghubungkan mulut ke perut. Lower esophageal sphincter (LES) merupakan sebuah cincin otot yang bertugas menutup "pintu" lambung dari kerongkongan pada saat tidak ada aktivitas makan. Ketika kita makan, otot ini secara otomatis akan mengendur untuk memungkinkan masuknya makanan dari kerongkongan ke perut. Selanjutnya LES akan menutup rapi seperti semula sehingga makanan yang telah masuk keperut tidak kembali ke kerongkongan. Sedangkan pada kondisi GERD tersebut, LES ini tidak mampu berfungsi secara normal sehingga tidak mampu mencegah naiknya asam lambung.

Apa hubungan kecemasan dan GERD?

Menurut penelitian baik kecemasan, depresi dan stress, sangat erat berhubungan dengan risiko dua sampai empat kali lipat dari penyakit GERD.  Hal ini disebabkan karena bahan kimia otak yang dikenal dengan sebutan cholecystokinin (CCK), yang telah dikaitkan dengan panik dan gangguan pencernaan, mungkin turut berperan dalam munculnya GERD pada orang dengan gangguan kecemasan. Sedangkan faktor lainnya yang memungkinkan dan berkontribusi adalah disaat orang cemas mereka akan cenderung memicu atau bahkan memperburuk kondisi refluks asam lambung ke kerongkongan.

Apa yang harus dilakukan penderita GERD yang menyebabkan kecemasan ?

Dua hal yang harus dilakukan oleh para penderita GERD. Karena hal ini ada pada dua masalah, yaitu tubuh dan jiwa, maka para penderita GERD yang menyebabkan kecemasan harus mendatangi dokter dan psikiater.

Karena dokter diperlukan untuk menangani kondisi lambungnya, sedangkan psikiater untuk menangani gangguan cemas panik dan depresi. Bahkan umumnya ketika kondisi cemas panik para penderita GERD berhasil diatasi, biasanya keluhan lambungnya bisa jauh menjadi lebih baik, atau bahkan menjadi sembuh sama sekali.

Seperti dikatakan diawal  bahwa cemas dan depresi bisa memperberat kondisi GERD hingga  beberapa kali lipat, maka langkah yang direkomendasikan penanganan pasien dengan gangguan GERD yang juga mengalami kondisi kecemasan tinggi baik karena latar belakang psikologisnya ataupun karena terus menerus khawatir dan memikirkan penyakitnya, sangat perlu ditangani kondisi kesehatan jiwanya. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses penyembuhan kasus-kasus penyakit GERD.

0 Response to "Hubungan Penyakit Gerd dan Serangan Panik"

Posting Komentar