Makanan yang tabu dan disarankan untuk para penderita GERD


Untuk kesembuhan para penderita GERD harus disiplin dalam menerapkan pola makan. Baik disiplin secara menu juga harus disiplin secara waktu.


Untuk pola makan anda harus tau makanan apa saja yang menjadi biang kerok produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan anda

1. Makanan yang banyak mengandung Gas

Makanan yang banyak mengandung Gas adalah salah satu biang kerok produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan anda. Makanan yang banyak mengandung gas ini diantaranya lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

Baca juga :
Ketahui makanan-makanan yang mengandung gas

2. Makanan yang sulit dicerna

Makanan yang sulit dicerna akan membuat kinerja lambung anda menjadi lebih berat yang memerlukan asam lambung lebih banyak untuk memprosesnya. Dengan demikian ini akan mencetus terjadinya gas lambung berlebih. Untuk penderita GERD jauhi makanan yang sulit dicerna.

Baca juga :
Makanan yang paling sulit dicerna tubuh


3. Makanan yang bisa merusak dinding lambung:

Diantara makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rusaknya dinding lambung ini antara lain adalah cuka, cabai, merica dan bumbu yang kuat dan bersifat asam.

4. Makanan yang melemahkan otot les (klep kerongkongan bawah):

Ketahui makanan dan minuman yang dapat melemahkan otot les atau klep kerongkongan bawah, seperti minuman beralkohol, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

5. Sumber karbohidrat:

Sumber makanan yang kaya karbohidrat yang patut untuk diwaspadai oleh penderita maag adalah beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol.


Lalu makanan apa saja yang aman dan disarankan untuk penderita gangguan asam lambung ?


1. Kentang
Kentang sangat baik dimakan oleh para penderita gangguan asam lambung karena kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang di pagi hari cukup bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain dihari tersebut.

2. Pisang Masak

Pisang masak mengandung kalium. Kalium juga terdapat pada melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan ini sangat bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) yang ada didalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga mengandung banyak potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stress.

3. Brokoli
Brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur yang cukup baik. Sulfur akan mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Selain itu Brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh.

4. Bubur Ayam
Bubur ayam sangat baik dikonsumsi oleh para penderita gangguan asam lambung. Mengkonsumsi bubur ayam bisa mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Namun jauhi sate jeroan yang sulit dicerna. Sebagai penambah rasa boleh ditambah dengan telur rebus, kecap dan kerupuk.

5. Lidah Buaya
Lidah buaya adalah makanan sehat yang sangat direkomendasikan pada penderita gangguan asam lambung. Karena Lidah buaya bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan saponin yang dimilikinya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya dapat berperan sebagai antibiotik alami, penghilang rasa sakit dan juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya sangat berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

6.  Permen Karet (bukan utk dimakan)

Aktivitas mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung. Akan tetapi hindari yang mengandung peppermint.

7. Telur
Telur sangat lembut bagi sistem pencernaan dan bisa membantu meredakan perut kembung karena protein yang terkandung di dalamnya.


Demikian makanan yang disarankan dan tabu disentuh para penderita GERD

0 Response to "Makanan yang tabu dan disarankan untuk para penderita GERD"

Posting Komentar