Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak adalah dambaan setiap orang. Dengan tidur nyenyak tubuh akan merasa lebih segar ketika bangun dipagi harinya. Tapi apa jadinya jika skenario tidur nyenyak tidak berjalan mulus ? Mungkin ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar anda bisa mendapatkan tidur nyenyak.

Ada banyak penyebab tidur menjadi tidak nyenyak. Dalam hal ini kita bagi menjadi 2 (dua).

1. Disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari
2. Disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur


Penyebab tidur menjadi tidak nyenyak yang disebabkan gaya hidup


1. Stress

Stres sangat berpengaruh besar pada kualitas tidur seseorang. Umumnya mereka yang sedang stres sangat sulit untuk mendapatkan tidur nyenyak, bahkan mereka merasa kesulitan untuk memulai tidur. Jika anda memang sedang stres, cobalah untuk menenangkan pikiran agar anda bisa tidur nyenyak. Anda bisa melakukannya dengan mengerjakan sholat, membaca Al Qur'an atau berzikir dan berdo'a. Dengan begitu pikiran anda akan menjadi lebih tenang. Disamping itu tidak ada salahnya jika anda mencoba aromaterapi.

Baca : Cara Menghilangkan Stress Pikiran Dengan 3 Minyak Aromaterapi

2.  Usia

Pada sebagian orang pada saat mulai memasuki usia 40 tahun, akan muncul keluhan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur nyenyak dengan mudah sepanjang malam, akan tetapi bagi sebagian mereka yang mulai menginjak usia 40 tahun ke atas akan mengalami kecenderungan untuk terbangun beberapa kali di malam hari.

3. Ritme sirkadian

Tubuh manusia dilengkapi ’alarm’ yang disebut dengan ritme sirkardian. Ritme ini berperan penting dalam mengatur siklus tidur setiap harinya. Semakin rutin dan stabilnya jadwal  tidur yang Anda jalani setiap harinya, makin kualitas tidur Anda akan semakin bagus. Siklus ini dapat berubah oleh karena kegiatan olah raga dan tidur siang. Siklus juga dapat berubah karena sinar monitor, televisi dan komputer.

Baca :  Memahami Tidur dan Irama Sirkadian

4. Kurang Olahraga

Studi dari University of Georgia menganalisis kebiasaan sehat lebih dari 8.000 pria dan wanita usia 20-85 tahun selama kurang lebih 35 tahun. Mereka menemukan bahwa waktu olahraga yang kurang bisa berpengaruh pada kualitas tidur para peserta.


Penyebab tidur menjadi tidak nyenyak yang disebabkan kebiasaan sebelum tidur


1. Mandi sebelum tidur

Terutama untuk anda yang mandi tepat selepas pulang kerja dimalam hari. Melakukan aktivitas apapun yang dapat menaikkan suhu tubuh Anda, terutama terlalu dekat dengan jam tidur justru membuat Anda sulit tidur, karena tubuh perlu mendinginkannya terlebih dulu hingga mencapai suhu yang tepat agar tubuh bisa beristirahat. Sebaiknya mandilah sesaat setelah pulang bekerja, bukannya menjelang tidur.

Mandi sering membuat kita terbangun dan merasa segar lagi. Karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk mandi sesaat sebelum tidur.

2. Makan sebelum tidur

Makan, apalagi makan makanan berat diwaktu yang terlalu dekat dengan tidur dapat membuat tidur tidak nyenyak, terutama jika perut Anda terasa kembung dan sakit. Lebih-lebih lagi jika makanan tersebut terlalu berbumbu dan berlemak.

Makanan yang pedas atau berlemak mungkin sangat berisiko menimbulkan ketidaknyamanan karena bersifat merangsang asam lambung. Sebaiknya Anda makan paling lambat dua jam sebelum.waktu tidur agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan itu.

Dan makanlah makanan yang tidak terlalu merangsang asam lambung serta hindari porsi yang terlalu berlebihan.

3. Minum teh sebelum tidur

Meski Anda telah menghindari minum kopi dan cokelat hitam, namun anda tetap harus waspada pada sumber kafein yang lain, seperti teh. Meski teh berlabel herbal seperti peppermint atau chamomile mungkin bebas kafein. Namun teh hitam, cokelat dan putih sudah jelas mengandung kafein. Minum kopi atau teh menjelang tidur memang akan mengganggu tidur Anda. Pemperhatikan juga dengan apa yang telah Anda minum di sore hari.

Air dengan rasa tertentu hingga soda rasa jeruk jika diminum di sore hari dapat mengganggu tidur malam Anda. Sebaiknya sebelum anda meminum sesuatu, cek dulu labelnya, pastikan tak ada bahan yang diklaim dapat menambah energi yang membuat Anda menjadi susah tidur di malam hari.

Jika masih ingin meminumnya, pastikan untuk berhenti sebelum jam dua siang.

4. Makan cokelat sebelum tidur

Cokelat, lebih lagi cokelat hitam, sama seperti kopi sama-sama mengandung kafein. Banyak orang tak berpikir bahwa es krim yang mengandung cokelat atau kopi dapat menjadi penganggu tidur. Mereka yang sensitif terhadap kafein, harus memerhatikan hal ini.

Cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine, yang diketahui bisa menaikkan ritme jantung dan membuat otak lebih terjaga.

5. Merokok sebelum tidur

Faktor penganggu tidur lainnya yang patut anda perhatikan adalah nikotin. Nikotin yang terdapat pada rokok atau produk tembakau lainnya adalah stimulan yang dapat membuat insomnia Anda menjadi lebih buruk. Nikotin juga dapat menyebabkan Anda terbangun lebih pagi dari biasanya di pagi hari.

6. Menonton televisi sebelum tidur

Acara yang ditonton sebelum tidur apalagi yang berkaitan dengan kondisi emosional sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Oleh karena itu, sangat disarankan televisi dimatikan sebelum tidur.

7. Menatap layar ponsel sebelum tidur

Beberapa studi menemukan bahwa menatap layar alat-alat elektronik seperti ponsel, monitor, laptop dan TV di waktu malam dapat membuat Anda menjadi sulit tidur. Pastikan Anda tidak membawa ponsel, apalagi mengirim email atau mengecek Facebook misalnya, di atas kasur pada saat menjelang tidur. Karena saat Anda harusnya beristirahat, hal itu akan membuat Anda jadi insomnia.

Disarankan satu jam sebelum tidur, segera matikan ponsel Anda dan simpan di laci atau ruangan lain yang jauh dari jangkauan anda.

8. Membawa pekerjaan kantor ke tempat tidur

Jika anda termasuk orang yang sibuk anda tetap harus bisa mengupayakan agar pekerjaan anda tidak turut dibawa ketempat tidur. Karena hal itu akan membuat beban pikiran anda terganggu sehingga anda tidak bisa tidur nyenyak.

9. Zat Kimia

Beberapa zat kimia yang dapat membua tidur anda tidak nyenyak diantaranya alkohol, nikotin, kafein. Selain berbahaya bagi tubuh zat-zat tersebut akan mengganggu kenyenyakan tidur anda. Zat tersebut banyak terdapat di dalam makanan ataupun minuman yang tidak sadar kita konsimsi. Perhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi, apalagi makanan atau minuman cepat saji.

Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak


Teknik Napas 4-7-8

Untuk melakukan teknik ini awali dengan duduk atau berbaring dengan posisi senyaman mungkin. Letakkan ujung lidah di bagian belakang gigi atas sehingga saat Anda menghembuskan napas akan terdengar suara berderu 'ssh'.

Setelah memastikan suara berderu keluar dari mulut Anda saat bernapas, tutup mulut dan tarik napas pelan lewat hidung selama 4 detik. Kemudian, tahan napas sampai 7 detik. Setelah itu, hembuskan napas perlahan (pastikan ada suara berderu) dan tahan sampai hitungan ke 8.

Lakukan sampai beberapa siklus maka tubuh ia katakan akan terasa semakin rileks. 4-7-8 diklaim sebagai cara yang ampuh karena teknik ini membuat makin banyak oksigen yang masuk ke paru-paru. Oksigen ekstra ini lah yang dikatakan memiliki efek membuat saraf parasimpatik rileks dan membuat perasaan tenang.

Bikin minuman herba hangat

Minuman herba diklaim dapat membantu Anda tidur nyenyak sekaligus merefresh diri untuk esok hari. Tanaman sage, kamomil (chamomile), dan valerian merupakan herba yang dapat membantu jika dibuat sebagai teh.

Apabila ingin mencoba membuat minuman dari tanaman tersebut coba tambahkan madu sebagai pengganti gula. Alasannya karena menurut ahli gizi Lindsey Duncan madu bisa membuat kadar insulin naik secara perlahan dan membantu tryptophan memasuki otak lebih mudah.

Pilih makanan super pendorong tidur

Di samping menghindari makanan berat menjelang tidur, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda agar tertidur nyenyak. Salah satunya adalah pasta (berbahan gandum utuh) yang diberi topping sayuran segar, dada ayam, saus tomat dan taburan keju Permesan untuk makan malam. Makanan ini mengandung kombinasi protein dan tryptophan, asam amino yang nantinya akan diubah menjadi hormon tidur yaitu serotonin dalam tubuh.

Jika mendadak lapar di tengah malam, coba saja potong pisang menjadi kecil-kecil lalu taburkan cottage cheese di atasnya. Makanan ini juga mengandung trytophan. Susu, biskuit atau yogurt yang ditaburi sereal pun memiliki manfaat serupa.

Latihan peregangan sebelum tidur

Yoga ringan sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran, menstabilkan pernapasan, dan mengurangi ketegangan otot tanpa perlu membahayakan jantung.

Salah satu pose yoga yang dianjurkan untuk memudahkan Anda tidur diperkenalkan oleh Tanya Boultonj dari Pure Yoga East, New York City. Pose ini disebut dengan Reclined Butterfly. Berbaringlah dengan posisi telentang dan kedua telapak kaki menyatu, tekuk lutut Anda.

Lalu letakkan kedua lengan dan telapak tangan di kedua sisi tubuh, biarkan bahu dan dada Anda terbuka. Tutup mata Anda dan hirup nafas lewat hidung sembari berhitung dari satu sampai empat secara perlahan, kemudian hembuskan sambil menghitung ulang dari empat sampai satu. Lakukan selama 10 menit atau hingga Anda merasa benar-benar rileks.

Redupkan lampu kamar beberapa saat sebelum tidur

Mematikan lampu kamar di saat tidur memang dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur, namun meredupkan lampu rumah sebelum mendekati jam tidur juga penting. "Terpapar cahaya lampu yang terang menjelang tidur dapat membuat seseorang susah tidur," kata Arnedt.

Menurutnya, lampu yang remang-remang memberikan sinyal kepada jam biologis tubuh bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat, begitu juga sebaliknya.

Untuk itu, pasang lampu dengan watt rendah di kamar dan biasakan mulai meredupkan lampu mendekati jam tidur.

Berdoa dan Ibadah

Langsung tidur ketika pulang dari kantor membuat Anda rentan mengalami mimpi buruk. Sangat disarankan agar Anda melakukan ibadah dan doa terlebih dahulu, misalnya dengan sholat atau mengaji, sebelum merebahkan badan di kasur.

Tidur itu menyenangkan

Jika Anda menganggap tidur adalah kegiatan yang membuat stres, frustasi dan tidak bermanfaat, tentu saja hal ini dapat memicu mimpi buruk. Tidur merupakan satu-satunya waktu tubuh untuk beristirahat dan akan lebih bermanfaat jika diasosiasikan dengan kesenangan.(smbr)

0 Response to "Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak"

Posting Komentar