Cara menjaga motivasi diet yang benar



Berikut adalah tips-tips untuk menjaga motivasi dalam melakukan program diet saat baru memulai:


1. Kurangi kalori sedikit demi sedikit

Jalani pola makan seperti biasa untuk beberapa hari. Lalu kurangi hanya 200 Kalori per hari dalam satu tahap. Jenis kalori yang dikurangi tidak harus terpatok dengan karbohidrat, lemak atau protein saja.

Mengubah pola hidup akan sulit sekali, apalagi ketika usia makin bertambah. Perubahan kecil yang bertahap akan lebih mudah dijalankan dan bisa membawa Anda ke perubahan yang lebih besar.

2. Simpan Daily Food Journal

Menulis kue atau brownie akan membuat Anda merasa bersalah dan mengingatkan Anda untuk kembali ke program diet.

Jurnal juga membantu Anda untuk melihat pola makan Anda, khususnya yang biasanya tidak pernah terlintas seperti ngemil keripik kentang saat bekerja di sore hari.

Dengan pola makan yang transparan, Anda bisa mengontrol kalori yang Anda konsumsi, misalnya daripada membawa keripik kentang, lebih baik membawa buah ke kantor untuk ngemil di sore hari.

3. Konsultasi dengan seorang professional

Untuk bisa memecahkan masalah apa pun, termasuk berat badan, sangat penting untuk mengetahui titik berat penyebab masalah.

Penyebab kegemukan bisa lebih dari 250 faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, disfungsi salah satu organ tubuh/hormon, gangguan mental dan lain-lainnya.

Untuk setiap penyebab masalah berat badan yang berbeda diperlukan juga solusi yang berbeda. Seorang Professional seperti nutritionist/dokter diet atau personal trainer bisa membantu Anda untuk mencari penyebab dari masalah berat badan Anda.

Kemudian mereka akan membuatkan program diet khusus untuk Anda. Mereka juga bisa membuat gol yang realistis untuk tercapai dan implementasi program yang bertahap.

0 Response to "Cara menjaga motivasi diet yang benar"

Posting Komentar