7 Kunci Hamil Sehat Tanpa Masalah Sampai Melahirkan

Kehamilan adalah sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, terlebih untuk mereka yang baru saja menikah.



Agar kehamilan bisa berjalan dengan baik, sehat dan terhindar dari berbagai masalah hingga sampai waktu kelahiran, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan.


Walau proses kehamilan adalah proses normal bagi manusia, akan tetapi tetap ada hal penting yang perlu untuk diperhatikan para ibu hamil agar tetap sehat dan bugar. Berikut 7 kunci diantaranya :

1. Disiplin dalam menjaga asupan makan
Saat hamil, janin didalam kandungan akan memperoleh asupan makanan dari makanan yang dikonsumsi ibunya. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika tidak, gangguan pertumbuhan bayi bisa saja terjadi. Dan itu akan mengganggu proses kelancaran kehamilan, bahkan bisa mengganggu kesehatan ibu hamil itu sendiri.

2. Disiplin dalam menjaga kebutuhan cairan

Kebutuhan cairan adalah sangat penting bagi ibu hamil. Pada kehamilan trimester akhir, tekanan uterus atau rahim ke kandung kemih akan meningkatkan dorongan untuk buang air kecil. Agar terhindar dari dehidrasi dan kebutuhan air terpenuhi, minumlah air putih minimal 2 liter/hari.

3. Lakukan istirahat yang cukup

Agar tidak cepat lelah, Ibu Hamil sebaiknya beristirahat cukup selama 8-12 jam per malam. Jika ada waktu luang, baik juga untuk tidur siang selama 1-2 jam.


4. Olahraga
Olahraga daapt dilakukan ketika hamil jika tidak ada permasalahan kehamilan. Lakukan olahraga yang bersifat ringan dan santai seperti jalan pagi, yoga atau berenang. Jika ragu konsultasikan dulu kepada dokter anda.

5. Jangan stres
Stress saat hamil tidak disarankan untuk ibu hamil, karena ini dapat berakibat buruk pada perkembangan janin. Oleh sebab itu berusahalah menghindari stres sebisa mungkin. Perbanyak berpikir positif dengan cara melakukan kegiatan menyenangkan atau yang menenangkan hati.

6. Perhatikan kebersihan tubuh
Ketika masa kehamilan kebersihan tubuh termasuk hal terpenting yang harus dijaga. Tentunya karena kebersihan pangkal kesehatan. Rutin mandi, cuci tangan dan menyikat gigi. Terutama area organ intim untuk menghindari infeksi.

7. Rutin melakukan cek dokter
Rutin melakukan cek dokter sangat penting. Sebab dokter akan terus memantau kondisi janin dan ibunya. Dokter akan memberikan solusi rekomendasi jika terjadi masalah, dan sebagainya.

0 Response to "7 Kunci Hamil Sehat Tanpa Masalah Sampai Melahirkan"

Posting Komentar